Selasa, 17 Januari 2012

Bahan Kimia Pendingin Bumi

Bahan kimia “Criegee biradicals”, hasil oksidasi dari nitrogen dioksida, sulfur dioksida, yang diproduksi melalui proses pembakaran, diduga dapat membersihkan atmosfer. Hipotesis ini muncul pada tahun 1950, namun sekarang peneliti lebih yakin bahwa bahan kimia ini dapat memainkan peran utama dalam pengaturan perubahan iklim.
“Criegee biradicals” dikembangkan dan dirancang oleh Sandia yang dapat mempercepat proses pembentukan. Alat percepatan reaksi ini menggunakan fasilitas sinkroton generasi ketiga di Lawrence Berkeley National Laboratory's Advance Light Source, Amerika Serikat.
“Criegee biradicals” akan bereaksi lebih cepat akan berpengaruh kepada sulfat dan nitrat yang ada di atmosfer. Senyawa akan menyebabkan pembentukan aerosol lebih cepat, sehingga pembentukan awan dari aerosol yang cepat itu berpotensi untuk mendinginkan planet.
“Criegee biradicals” sebenarnya sudah dikembangkan oleh Rudolf Criegee pada tahun 1950, namun terhenti karena banyak kepentingan lainnya. Sekarang, Carl Percival dari University of Manchester percaya dengan bantuan teknologi dari Sandia, maka akan ada perubahan yang terjadi.
“Criegee biradicals” tidak akan mampu terukur hingga keluarnya alat percepatan dengan proses cahaya itu. Sekarang, kami mampu menghitung seberapa cepat proses “Criegee biradicals” untuk pertama kalinya," papar Carl.
Sumber utama dari “Criegee biradicals” tidak tergantung pada sinar matahari dan proses ini berlangsung sepanjang hari, siang dan malam,” tambah Carl. (ig)
Oleh Arief Sujatmoko

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentarnya dong...